Selasa, 13 Februari 2018

Cara Memanfaatkan Material Bangunan Tua

Bangunan tua yang tidak dimanfaatkan atau ditelantarkan ditinggal penghuninya. Berbagai macam sebab sebuah bangunan terlantar dan seringkali menjadi tempat yang angker. Namun yang paling mudah untuk dimanfaatkan adalah bangunan tua yang pemiliknya sudah merasa bosan dan terlihat tua. Sebenarnya sudah sejak jaman dahulu bangunan bisa didaur ulang, terutama pada penggunaan material kayu. Nah disini akan kami berikan contoh untuk memanfaatkan material bangunan tua


1. Dijual


Di mana bisa menjual bangunan tua atau sisa meterialnya? Juraganbongkar.com merupakan salah satu perusahaan yang bersedia membeli bangunan, membongkar, dan mendaur ulang material. Perusahaan ini adalah solusi bagi yang ingin mendapatkan tanah yang bersih sekaligus uang hasil penjualan yang bisa dimanfaatkan untuk membangun kembali.

Bagi bagungan yang sudah tak layak dan sulit untuk direnovasi ini adalah cara memanfaatkan paling baik. Karena jika dibiarkan dan tidak terurus lama-kelamaan sebuah material besi bisa berkarat,sedangkan material kayu akan habis dimakan rayap. Padahal kedua material itulah yang mempunyai harga paling tinggi untuk di daur ulang.

2. Dimanfaatkan untuk Membangun Kembali


Ini adalah kebiasaan orang jaman dulu yang umumnya bangunannya banyak menggunakan kayu jati. Setelah sekian lama bangunan rumah dibongkar dan kayunya dimanfaatkan untuk membangun bangunan yang baru. Kayu jati sangat kuat hingga puluhan tahun, semakin lama maka semakin keras.

Jika bangunan anda banyak mempunyai material kayu jati sangat berpotensi bisa digunakan lagi, namun jika tidak banyak maka lebih baik ditawarkan ke pengusaha bongkaran, kemungkinan masih ada material yang bernilai. Karena untuk lokasi di kota untuk membongkar ada biayanya, tidak seperti di kampung bisadilakukandengan gotong royong. Akan lebih baik jika dijual semuanya hingga tanahnya  rata dan bisa dibangun baru.

Dua hal diatas yang paling umum dan mudah dilakukan untuk memanfaatkan material bangunan tua. Saat ini cukup mudah mencari penerima atau pembongkar material bangunan. Ada hal yang perlu diperhatikan adalah ukuran rumah atau gedung, jika semakin besar tentu membutuhkan alat seperti exavator untuk merobohkan. Selain itu juga yang siap membeli dengan harga yang tinggi.