Rabu, 28 Februari 2018

3 Cara Ternak Domba Yang Cepat Gemuk Dan Hasil Panen Maksimal

AQIQAH JAKARTA - Domba menjadi salah satu hewan ternak yang banyak dicari oleh masyarakat, tentunya peluang untuk mengembangkan dan merambah pasar lebih luas lagi tidak susah. Dengan merawat domba dengan baik dan memberikan domba berkualitas bagi pelanggan, anda sudah menjadi peternak yang banyak dicari oleh masyarakat. Apabila domba yang dirawat gemuk, tentunya harga jualnya akan semakin tinggi. Namun sayang nya tidak banyak peternak yang tahu cara ternak domba yang cepat gemuk dan hasil panen maksimal. Padahal untuk merawat domba agar domba menjadi gemuk tidak susah, yang penting dilakukan secara rutin.


Ada banyak sekali cara ternak domba yang cepat gemuk dan hasil panen maksimal, tapi apabila tidak dilakukan dengan tepat hasilnya akan sama saja. Jadi anda harus memberikan perhatian lebih apabila anda ingin domba yang anda miliki menjadi gemuk. Berikut adalah beberapa cara merawat domba yang baik agar domba bisa tumbuh dengan baik dan menjadi gemuk.

1. Pemberian Pakan

Pakan ternak menjadi hal yang sangat penting. Agar ternak menjadi lebih gemuk, anda tidak boleh memberikan sembarang pakan. Lebih baik lagi jika anda bisa membuat campuran pakan domba sendiri dari pada membeli pakan domba yang sudah jadi dari pabrik. Jenis Pakan hijau-hijauan seperti rumput atau pun dedaunan adalah jenis pakan terbaik dan kaya akan nutrisi. Memang untuk mendapatkan jenis ini tidaklah mudah terutama di daerah perkotaan maka langkah yang biasa ditempuh adalah jangan terlalu menyetok terlalu banyak untuk men-supply kebutuhan aqiqah, akan tetapi hendaklah supplai terbesar di pingggiran kota dan stok di kota dijadikan hewan terakhir apabila ada yang mau melihat proses pemotongan kambing aqiqah.

2. Pemberian Pakan Padat

Pakan padat atau pakan konsentrat yang biasa digunakan adalah ampas tahu, bekatul, ketela pohon dan lainnya. Dengan menggunakan jenis pakan ini dapat meningkatkan bobot domba. Kira-kira satu ekor domba membutuhkan 1 kg pakan dengan komposisi 40% ampas tahu, 40% bekatul dan 20% ketela pohon yang sudah dicacah.Untuk mendapatkan jenis ini anda bisa kerja sama dengan para perajin yang berbahan baku ketela, seperti pengusaha keripik, gethuk ataupun slondok.

3. Pemberian Suplemen

Pemberian vitamin seperti vitamin B kompleks, C, A dan vitamin lainnya mampu meningkatkan kesehatan domba dan bisa meningkatkan nafsu makan domba.

Selain 3 cara ternak domba yang cepat gemuk dan hasil panen maksimal yang telah dijelaskan di atas, ada hal lain yang tidak kala penting. Anda bisa melakukan pemilihan bibit ternak domba secara selektif. Karena bibit domba menjadi penentu pertama dalam keberhasilan ternak domba.