Jumat, 16 Februari 2018

3 Cara Merawat Domba Aqiqah Yang Paling Penting

Merawat domba tentunya bukan hal yang mudah. Apalagi jika anda baru pertama kali membuka usaha di bidang ternak domba, seperti domba untuk aqiqah. Ada banyak sekali cara merawat domba aqiqah yang harus anda pelajari sebelum anda berencana untuk masuk dalam bidang usaha ini.

Apabila anda tidak melakukannya dengan benar, anda bisa mengalami kerugian karena domba akan mati, terlalu kurus sehingga tidak bisa dijual atau terkena penyakit. Perawatan domba dengan hewan-hewan ternak lainnya seperti ayam dan sapi tentu saja berbeda. Walaupun anda sudah pernah beternak sapi atau ayam, anda tidak bisa menyamakan cara perawatan sapi dan ayam dengan domba.

Ternak Kambing Aqiqah
   
Permintaan daging domba untuk aqiqah di Indonesia sangat besar, terutama karena mayoritas masyarakat nya beragama islam. Maka dari itu apabila anda mampu mengelola usaha ternak domba aqiqah anda dengan baik, maka anda bisa mendapatkan keuntungan yang banyak.

Cara pertama yang paling penting dalam mengelola usaha ternak domba anda adalah anda harus tahu cara merawat domba aqiqah karena ini adalah hal yang paling dasar untuk anda ketahui.

1. Kandang


Buat kandangs enyaman mungkin agar domba tidak stres. Apabila domba stres, nafsu makannya bisa turun dan menjadi mudah terserang penyakit. Maka dari itu, buatlah kandang yang memiliki sirkulasi udara yang baik. Atur ketinggian kandang dari tanah setidaknya 50 cm, hal ini perlu dilakukan dengan tujuan agar domba atau kambing tidak kedinginan karena kalau langsung beralaskan lantai atau tanah maka kambing akan mudah terserang penyakit.

Keuntungan lain dengan kandang yang tinggi adalah kemudahan di dalam membersihkan kotoran (mindil) baik yang tersangkut di atas lantai kandang atau  pundi bawahnya.

2. Sinar Matahari


Sinar matahari mampu membuat kandang menjadi lebih bersih dan kuman yang ada pada tubuh domba maupun kandang tidak akan berkembang biak dengan mudah. Pastikan domba mendapatkan sinar matahari yang cukup. Dengan mendapatkan cahaya matahari maka kondisi kandang tidak lembab dan tentu kehangatan bagi si domba akan bisa di kondisikan.

3. Pakan


Pakan yang cocok adalah daun-daunan segar, anda tidak perlu membelinya apabila di sekitar kandang terdapat tanaman-tanaman hijau yang bisa dimakan oleh domba. Anda juga dapat menambahkan vitamin atau pun suplemen ke dalam pakannya agar domba menjadi lebih sehat.
   
Cara merawat domba aqiqah tentunya tidak susah apabila anda sudah tahu mengerti dasarnya. Anda bisa mempelajari hal-hal lainnya terkait ternak domba dengan membaca buku ataupun bertukar informasi dengan komunitas ternak domba. Dengan begitu anda  tahu cara merawat domba dengan lebih baik.

Demikian artikel cara merawat domba aqiqah ini ditulis oleh Balqis layanan Jasa Aqiqah di Depok, sharing ini diharapkan memberikan manfaat kepada masyarakat yang ingin menekuni bidang peternakan terutama jenis domba.