Minggu, 14 Januari 2018

Kredit Usaha Rakyat,Solusi UMKM dalam Mengembangkan Usaha

Pemerintah kembali memangkas suku bunga Kredit Usaha Rakyat (KUR) dari 9% menjadi 7% di tahun 2018 ini. Bagi sebagian wiraswasta mengembangkan usaha memiliki tantangan tersendiri mulai dari Ide, Kreatifitas, Kedisiplinan, Strategi, hingga Modal Kerja. Dari beberapa tantangan tersebut salah satu kendala yang dirasa cukup berat ialah ketersediaan modal usaha/ modal kerja.

Modal sebagai bagian pengembangan usaha berperan penting sebagai penggerak utama ide dan strategi yang telah direncanakan. Tidak heran jika banyak diantara kita memiliki ide dan rencana bagus namun tidak bisa beraksi lantaran modal yang belum tersedia. Nah permasalah modal seperti di atas saat ini bisa kita siasati lebih mudah dengan mengajukan Kredit Usaha Rakyat.

Kredit Usaha Rakyat adalah program pemerintah dalam bentuk pinjaman lunak dengan suku bunga rendah. Jika pada tahun lalu suku bunga KUR masih 9% tahun ini pemerintah kembali menurunkan suku bunga KUR jadi 7% per tahun. Langkah tersebut diambil dengan tujuan agar dana KUR dapat diserap lebih mudah oleh pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) secara luas.

Selain berkomitmen memberikan suku bunga lebih rendah, pemerintah juga cenderung memprioritaskan penerima pinjaman berasal dari sektor produktif seperti usaha produksi, pertanian, perkebunan, hingga perikanan. Prioritas tersebut ditetapkan lantaran selama ini usaha di sektor produksi memiliki akses yang sangat terbatas dalam mengajukan pinjaman modal ke bank.Dengan adanya program KUR anda yang saat ini berkecimpung di sektor UMKM dapat mengajukan pinjaman modal kerja dan investasi melalui lembaga keuangan penyalur dana KUR.

Jenis Kredit Usaha Rakyat

Skema pembiayaan yang diterapkan pemerintah melalui program KUR secara garis besar dibagi menjadi 3 (tiga) jenis. Adapun ketiga jenis KUR tersebut yakni sebagai berikut:

1. KUR Mikro

KUR jenis mikro merupakan skema pinjaman modal kerja dan investasi yang ditujukan bagi UMKM dengan plafon maksimal Rp 25 juta per debitur. Adapun jangka waktu yang ditawarkan dalam jenis pinjaman produktif ini yakni 1-3 tahun sebagai modal kerja dan 1-4 tahun sebagai investasi.

2. KUR Ritel

Jika kebutuhan modal usaha anda di atas Rp 25 juta anda dapat memilih pengajuan KUR Ritel. KUR Ritel merupakan skema pembiayaan dengan platon di atas Rp 25 juta hingga Rp 500 juta per debitur yang dapat diajukan oleh perseorangan maupun badan hukum sebagai modal kerja dan investasi. Adaun jangka waktu yang dapat anda pilih yakni antara 1-4 tahun untuk modal kerja dan 1-5 tahun untuk investasi.

3. KUR TKI


KUR TKI merupakan skema pembiayaan bagi calon Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dengan palfon maksimal Rp 25 juta. Program ini

Selain ketiga jenis di atas sebenarnya pemerintah telah mempersiapkan skema penyaluran KUR khusus bagi pelaku usaha produktif dengan skema pembiayaan melalui kelompok.

Keunggulan Kredit Usaha Rakyat

Dibandingkan dengan jenis kredit produktif KUR memiliki banyak sekali keunggulan, adapun keunggulan tersebut diantaranya sebagia berikut:

1. Bunga rendah (7% p.a) karena memperoleh subsidi suku bunga dari pemerintah.

2. Syarat pengajuan mudah karena program ini memang ditujukan bagi kalangan UMKM yang belum bankable.

3. Jangka waktu fleksibel mulai 1 – 3 tahun sebagai Kredit Modal Kerja (KMK) dan 1-4 tahun sebagai Kredit Investasi.

4. Nominal pinjaman fleksibel hingga Rp 25 juta untuk jenis KUR Mikro dan Maksimal RP 500 juta untuk jenis KUR Ritel.

5. Dapat diajukan oleh calon Tenaga Kerja Indonesia sebagai alternatif pembiayaan keberangkatan menuju negara penempatan.

6. Akses pengajuan yang mudah, bisa melalui Bank BRI, BNI, Mandiri, BCA, dan perbankan lain yang terdaftar sebagai bank penyalur KUR.

Berbagai keunggulan di atas membuat KUR banyak diminati oleh masyarakat khususnya mereka yang berkecimpung di dunia usaha sektor UMKM.

Bunga 7% p.a yang dibebankan bagi peminjam KUR sangat ringan jika kita bandingkan dengan suku bunga kredit produktif jenis lain. Tidak heran jika dalam dua tahun belakangan dana KUR sukses disalurkan di seluruh Indonesia baik di pulau jawa maupun di luar jawa.

Setelah membaca ulasan di atas apakah anda tertarik mengajukan Kredit Usaha Rakyat sebagai upaya mengembangkan usaha? Silakan datangi lembaga keuangan penyalur dan tanyakan persyaratan serta brosur yang memuat tabel angsuran KUR terbaru.