Minggu, 28 Januari 2018

3 Tips Penggemukan Kambing Aqiqah Yang Mudah Bagi Pemula

Kambing adalah salah satu hewan yang diberkahi, hal ini dibuktikan betapa banyaknya konsumsi daging kambing dari mulai warung makan harian, syukuran aqiqah kelahiran anak dan tak kalah lagi ketika idhul Adha sangat besar jumlah hewan yang menjadi sesembelihan, padahal kalau kita lihat kemampuan kambing dalam melahirkan 1 tahun paling banyak 2x saja dan jumlah anak yang dilahirkan rata-rata 2 atau 1 ekor ,sangat jarang kambing betina mampu melahirkan 3 anak sekaligus dalam proses kelahiran. Akan tetapi populasi jumlah kambing selalu banyak padahal banyak yang dijadikan konsumsi.

Berbeda halnya dengan hewan lain seperti anjing –misalkan- ia mampu melahirkan 5 sampai 6 anakan setiap kali melahirkan, dan kempuan hewan ini setidaknya 2x juga dalam 1 tahun. Lihatlah populasi anjing sangat sedikit sekali padahal hewan ini tidak dijadikan konsumsi di tengah-tengah masyarakat kita.

Teruntuk anda yang ingin menjadi peternak kambing khususnya kambing aqiqah, pasti anda sedikit kesulitan untuk menggemukkan kambing anda. Karena memang kambing untuk aqiqah dibutuhkan sewaktu-waktu oleh masyarakat, tidak ada waktu tertentu seperti idul adha yang sudah jelas tanggalnya. Maka dari itu anda harus merawat kambing aqiqah setiap hari dengan baik.

Untuk menggemukkan kambing ada perawatan khusus, anda bisa mengikuti beberapa tips penggemukan kambing aqiqah agar kambing anda sehat dan juga gemuk. Dengan menggemukkan kambing, tentu saja harga jual kambing akan meningkat.

Ada banyak sekali hal yang harus diperhatikan untuk menggemukkan kambing aqiqah. Berikut adalah beberapa tips penggemukan kambing aqiqah yang bisa anda terapkan.

  1. Makanan kambing adalah hal yang paling penting dan tidak boleh dikesampingkan atau di anggap remeh. Pakan yang benar dan tepat mampu memenuhi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan oleh kambing. Apabila anda kesulitan untuk mendapatkan daun segar, anda bisa mulai menanam tumbuh-tumbuhan sebagai sumber pakan kambing. Beberapa tanaman yang bisa anda tanam adalah singkong, gamal, kaliandra, turi, indigofera, pisang, rambutan, pepaya dan lain sebagainya.
  2. Untuk menambah massa tubuh kambing, anda bisa menambahkan beberapa jenis makanan seperti kulit kacang hijau, ampas gandum, ampas singkong, ampas tahu, kulit singkong, kulit kopi, bungkil coklat dan lain sebagainya dalam daun-daunan segar sebagai pakan utamanya.
  3. Kondisi kandang yang nyaman membuat pertambahan bobot tubuh kambing menjadi lebih cepat. Apabila kondisi kandang kotor, sempit, bau akan membuat kambing menjadi stres dan mempengaruhi kesehatan kambing. Anda bisa menggunakan kandang model sekat atau kandang koloni, jenis kandangnya disesuaikan dengan kondisi masing-masing.
Seperti itulah beberapa tips penggemukan kambing di jasa aqiqah tangerang sehingga harga jual kambing bisa menjadi lebih tinggi. Apabila anda belum membeli kambing untuk di ternak, anda bisa memilih kambing yang masih muda seperti usia 3-5 bulan. Karena dengan begitu anda dapat mengetahui apakah anak kambing yang akan dibeli memiliki tubuh yang bagus. Karena 70% anak kambing akan mengikuti tubuh dari indukan jantan dan 30% dari indukan betina.